Tuesday, March 07, 2006

Dalam Usaha Meredam Kemarahan

Sebenernya ya.. kenapa manusia dilengkapi sama emosi marah, kesal, sebel? Padahal seperti yg kita tau, emosi seperti ini sama sekali ga baik buat kesehatan .. baik fisik maupun batin... Jujur aja, pertanyaan ini baru kepikiran barusan... saat gue ngerasa kalo diri gue dikuasai sama kemarahan!

Biasanya gue emang suka 'membiarkan' diri gue dikuasai sama emosi jembel satu ini. Tapi entah kenapa, kali ini agak lain...

Gue mikir, beberapa hari lalu... kemarin malah.. gue sendiri yg ngasih saran ke orang² yg curhat ke gue tentang hari² terberat mereka. Gue dengan lancar, bisa tuh ngasih saran... Tapi anehnya, kenapa gue ga bisa kontrol diri gue sendiri?

Manusia itu aneh!!! It's way so easy to SPEAK!!! Tapi untuk ngelakuinnya??

Prek a' dut dut banget lah pokoknya!

Yang bikin gue agak kontrol diri kali ini sebenernya cuma satu. Betapa gue inget kata² gue sendiri kemaren ke salah satu 'pasien' curhatan gue. Soal.. jalanin aja hidup, baik maupun buruk.. semuanya pasti akan berakhir dengain kebaikan!

ITU SEKARANG YANG JADI MOTTO HIDUP GUE

Tapi apa...

Gue sendiri kok ga ikhlas buat ngejalaninnya dikala gue lagi angot gini! Bener² Bodoh sekali gue ini ya...

Padahal, setiap hari gue selalu berucap... "Ya Tuhan, berikanlah jalan yang terbaik untukku.. Baik maupun Buruk, akan aku coba lalui dengan keihklasan dan kesabaran, karena aku tau akhir dari segalanya adalah kebaikan!"

Bener² ga masuk akal... gue ngucap gitu karena gue betul² sadar akan arti dari kalimat diatas, bukan hasil ciptaan orang lain yang gue kecap dan umbar begitu aja!

Tapiii.. mungkin aja ya.. kalo mau diliat dari sisi memaklumi.. gue masih manusia, yg emang dilengkapi sama emosi² jembel tadi. Dan gue juga harus mengerti bahwa untuk ikhlas.. ga ada yang namanya ikhlas instant...

Kaya'nya cuma orang yg amat sangat kuat imannya aja yg bisa ngelaksanain ikhlas instant... tapi dari apa yg diajarin nyokap gue.. ikhlas itu emang berproses.. awalnya pasti nyesek, sebel, kesel.. tapi sebenernya yang disebut ikhlas itu sendiri, dikala kita bisa mengatasi rasa sebel tadi ... dan akhirnya pasrah sama Tuhan, bahwa inilah emang jalan yg udah ditunjukkan.. entah sebagai ujian, atau emang sebenernya ini yang terbaik untuk kita.

Gue harus sadar diri, bahwa sebagai manusia -kaya' yg sering gue omongin ke orang²- kita ini ga ada apa²nya. Apa sih yg kita tau soal rencana Tuhan? Hal yg kita anggap baik, belum tentu baik menurut pandangan yg diATAS .. begitu juga sebaliknya..

Dan lama² bentuk tulisan gue udah bener² kaya' karya sastrawan Kho Ping Ho.. ooh~ teecu.. locianpwe, jiwi, Bu Tek Ngo Sian, pinto dkk bwahahaha.. gila, lama² gue jadi apaan ya?

Ya sudahlah, hati gue udah mulai berasa rada adem.. gue sepertinya akan menyalahkan kondisi PMS soal ke'kumat'an gue kali ini.. walo sebenernya ga bisa gitu juga sih... nyalahin sesuatu juga ga bakal nyelesain masalah hehehe...

No comments: