Wednesday, December 29, 2004

Manusia Itu ...

Seems like gue ga gitu perduli sama kejadian Tsunami kemaren itu... jujur aja, karena gue emang males nonton berita, en gue kira.. bencana itu ga separah itu...

Hari ini, akhirnya gue baru sempet ngeliat betapa porak poranda keadaan disana... gimana orang² melaporkan keadaan dengan suara histeris walau tanpa sadar -even for Najwa Shihab, yg seharusnya bisa bersikap profesional as a reporter-

Dan rasanya... pengen nangis... detik ini pun gue pengen nangis!! Anak kecil berderet² ... tanpa nyawa...

Tapi sesungguhnya, bukan itu yang bikin hati gue sakit...

Tapi karena pada akhirnya, gue harus berpikir... kita ini manusia bisa apa? Kita ini bener² ga ada apa²nya .. jangankan sama sang pencipta... sama alam yg sering kita sakiti aja, kita ga mampu berbuat apa²

Lalu kenapa masih banyak orang sombong didunia ini? Kenapa masih banyak orang yang mengira kalo semua keberhasilan mereka adalah pure hasil kerja mereka sendiri??

Tanpa adanya izin Tuhan... apa mampu kita mendenyutkan jantung? Tanpa izin Tuhan, apa mampu darah kita mengalir keseluruh tubuh?? Kenapa manusia memiliki sifat sombong? Lu ga bisa boker seminggu aja udah pucet!!

Tadi gue ngobrol sama nyokap... dan tiba² gue mendapatkan ide, bahwa korban² Tsunami itu.. sebenernya bukan mendapatkan derita...

Tuhan masih sayang sama mereka.. karena mereka kebanyakan hanya rakyat kecil, yg mungkin hidupnya kesusahan...

Atau pasti juga ada orang² yg dosanya terlalu banyak, tp karena kasih Tuhan.. maka dihentikanlah jalan kehidupannya, agar dia bisa mempertanggungjawabkan dosa² dia nanti, sesuai kemampuan dia!

Dan buat para anak kecil itu.. Tuhan sayang mereka.. karena mereka tidak perlu menanggung dosa di dunia ini ...

Tuhan udah pasti sayang sama manusia ciptaannya.. cuma kita aja yg kadang ga sayang sama Tuhan kita...

Jangankan sayang sama yg laen.. kadang kala, kita pun sulit buat sayang pada diri sendiri ...

Kalo udah begini .. mungkinkah rasa syukur keluar dari diri kita?

pernah kah kita berpikir untuk bersyukur karena mata kita dapat berkedip? Pernahkah kita bersyukur karena kita masih mampu untuk mencium harum bunga?

Gue pun ga mampu untuk mensyukuri semua nikmat Tuhan ... sama sekali ga mampu... terlalu banyak ... terrrlalu banyak ...

Tapi yg terjadi malah gue mengeluh ... dan mengeluh ... berpikiran Tuhan ga adil ...

Kita manusia tau apa sih?? Kita manusia memang diberi akal dan pikiran... tp sampai seberapa jauh kita dapat menggunakannya??

Apa ada orang yg mampu untuk membuat sebuah bunga menjadi wangi secara alami? Apa mampu seorang ilmuwan membuat mahluk hidup?

Tapi lagi² kenyataan yg ada ... mereka udah sombong, karena ngerasa bisa bikin kloningan ... aaah kancrut!! Bukannya bersyukur karena bisa mendapatkan ilmu sedemikian rupa .. malah sibuk ngurusin itu legal ato ga legal ...

The point is .. ya kancrut lah!! Mau jadi orang sehebat apa sih ilmuwan itu?? Tetep aja dia ga boker seminggu pun pasti pusing kepala!!

Jadi kesimpulannya ... ya kita ini ga usah macem² lah! Ga bisa boker .. panik ...

Kena aer ama digoyang dikit .. ribuan korban yg meninggal ...

Mau ditanggulangi pake apa coba?

Jadi gue rasa ... bencana ini ... ya emang amat menyedihkan...



Tapi......


Buat kita yg masih hidup ... buat para korban sendiri ... mereka pasti akan diberikan nikmat ... mereka pastinya ga perduli mereka tergeletak dimana, udah bukan urusan mereka lagi...

Tinggal kita yg dikasih liat kekuasaan Tuhan ... betapa mengenaskan, betapa kuatnya alam itu sebenarnya ...

Dan yg kita peroleh ... tentu aja

- adanya rasa iba
- hikmah yg harus kita cari
- dan bahwa .. ya emang manusia itu ga ada apa²nya ...

We're really nothing ... dalam artian ... kita ga akan mampu untuk berbuat apapun ... tanpa seijin yg di atas ...

Hhh~ tp pastinya ... pastinya dimasa yg akan datang... gue pun pasti akan pernah mengalami rasa sombong juga -_- ... ya itulah.. yg namanya manusia ...

Mungkin yg membedakan antara satu manusia dengan manusia lain ... yg satu berniat untuk menjadi lebih baik, sementara yg satu lagi ga perduli ...

Heu~ knp?? Gondrong ya?

No comments: